Insiden Saat Pementasan Drama ‘Surabaya Membara’

0
445
Foto : Ngopibareng.id

Jakarta, namalonaews.com – Drama kolosal berjudul ‘Surabaya Membara’ yang digelar dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, di Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (9/11/2018), telah menelan korban para penonton akibat diseruduk kereta api. Insiden ini terjadi pada pukul 19.45 WIB ketika pementasan berlangsung.

Tiga orang meninggal dan sejumlah lainnya luka-luka akibat terjatuh dari viaduk saat kereta api melintas. Akibatnya beberapa penonton akhirnya terpelanting jatuh dari atas viaduk. Korban kemudian dilarikan ke RS PHC dan RSUD dr Soetomo.

Menurut Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Rudi Setiawan, kejadian tersebut mengakibatkan dua orang meninggal dunia. Sedangkan enam orang mengalami luka-luka akibat terjatuh dari viaduk.

Sementara itu, Taufik Hidayat, penanggung jawab drama kolosal ‘Surabaya Membara’, menyatakan sejak pertama kali digelar pada tahun 2011 tidak pernah terjadi insiden apapun.

“Setiap kali kita minta agar mereka (penonton) turun dari viaduk dan gedung-gedung tinggi di sekitar panggung pertunjukkan, mereka malah mengangkat jempol. Ini repot sementara kita juga tidak bisa memaksa mereka untuk turun,” demikian ungkap Taufik.

Taufik juga menambahkan, meski insiden terjadi pertunjukkan drama tidak berhenti. Namun ada pemotongan durasi yang semestinya berdurasui 60 menit dipercepat hanya 40 menit saja.

Insiden drama ‘Surabaya Membara’ ini juga tak luput dari pantauan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.  Setelah mengikuti renungan malam di Taman Makam Pahlawan di Jalan Kusuma Bangsa, Jumat (9/11/2018) dini hari, pria yang sering dipanggil Pakde Karwo ini mengatakan akan memberi santunan kepada korban meninggal dan yang luka-luka.

Pakde Karwo tidak ingin berkomentar terkait siapa pihak yang salah dalam peristiwa tersebut. Katanya, Pemprov Jatim memilih mencari solusi dari peristiwa tersebut.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here