Cina Mengembangkan Radar Kuantum yang Bisa Menderteksi Jet Tempur Siluman

0
258
Foto : WallpaperSite

Jakarta, namalonews.com – Lembaga penelitian dari Group Perusahaan Elektronik Teknologi Cina (CETC) telah mengembangkan teknologi kuantum. Perusahaan yang berbasis di daerah Nanjing, Cina, ini mengklaim telah sukses mengembangkan Radar Quantum. Radar ini mampu mendeteksi jet tempur siluman (pengacak sinyal) dari jarak yang sangat jauh.

Radar Quantum mampu mendeteksi musuh hingga jarak lebih dari 100 km. Ukuran jarak maksimal biasanya dilakukan siang hari dan di atas laut. Teknologi ini telah dikembangkan sejak 2016 lalu dan penelitian itu sudah diuji coba selama dua tahun terakhir ini.

Jaringan radar kuantum dapat memberikan pertahanan penting terhadap lawan potensial Cina, terutama Amerika Serikat (AS). Militer AS saat ini tengah menginvestasikan sumber daya yang signifikan ke dalam pesawat siluman.

Angkatan Udara AS sudah memproduksi beberapa jenis pesawat siluman, seperti Raider B-21, pengebom siluman B-2 Spirit, F-22 Raptor, dan F-35 Joint Strike Fighter. Militer AS juga sedang membangun kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan perang elektroniknya.

Pesawat tempur siluman AS ini dilengkapi dengan sistem “jam” atau gangguan sinyal dengan kebisingan buatan. Beberapa pesawat juga ditambahkan dengan spesial cat dan desain untuk menggagalkan deteksi dari gelombang radio. Radar konvensional hanya mengukur pantulan gelombang radio.

Sedangkan Radar Quantum dapat menentukan lokasi objek yang tidak diketahui oleh radar konvensional. Perusahaan pendiri mengatakan bahwa sistem dasar alat ini adalah belitan kuantum, karena dua bentuk foton di koneksikan menjadi jarak sangat jauh.

Dalam fisika kuantum, partikel yang terjerat tetap terhubung sehingga tindakan yang dilakukan oleh satu mempengaruhi perilaku yang lain. Bahkan jika mereka dipisahkan jarak yang sangat jauh. Berdasarkan penelitian, ini bisa mengidentifikasi titik obyek dengan cepat dan akurat.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here