‘Markas Avenger’ di Papua Akan Diresmikan Jokowi

0
334
Foto: Kementerian PUPR

Jakarta, namalonews.com – Presiden Jokowi diagendakan akan meresmikan ‘kapsul waktu’ yang didirikan di Meraule, Papua, Jumat besok (16/11/2018). Kapsul waktu tersebut di dalamnya terdapat kumpulan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia untuk 70 tahun mendatang yang dibawa secara estafet mulai dari Aceh hingga ujung Timur Indonesia di Merauke, Papua.

Monumen ini menjadi viral di medsos karena bentuknya mirip markas Avenger, film  layar lebar. Jika dilihat dari atas, bentuk monumen kapsul tersebut menyerupai huruf A yang dikelilingi oleh sebuah lingkaran. Desain tersebut praktis tampak begitu serupa seperti logo Avengers yang ada di Menara Tony Stark (tokoh Iron Man dalam Marvel), markas para Avengers.

Foto: Kementerian PUPR

Lokasi monument tersebut berada di depan Kantor Bupati Merauke dan dekat Bandara Mopah sehingga akan menjadi landmark baru Kabupaten Merauke yang dapat dilihat saat pesawat mendarat.

Luas kawasan 2,5 ha terdiri dari 1 ha area monumen dan 1,5 ha digunakan sebagai alun-alun. Pembangunannya dibagi dalam beberapa tahap, dimulai pada tahun 2016 berupa pekerjaan pondasi dengan anggaran Rp 7 miliar. Kemudian proyek pengerjaannya dilanjutkan ke tahap II sejak Juli 2017 lalu.

Desain arsitektur monumen ‘Avennger’ ini dibuat oleh arsitek kenamaan Indonesia Yori Antar. Kemudian angka 17, 8, dan 45 dipilih menjadi angka-angka kunci ukuran monumen. Monumennya memiliki lebar 17 meter, tinggi 8 meter dan panjang 45 m.

Foto: Kementerian PUPR

Monumen ini memiliki lima akses masuk. Kelima akses masuk bangunan tugu kapsul itu memiliki arti yakni lima suku asli Merauke yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu yang menjaga tugu kapsul waktu itu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ide pembangunan monumen untuk menyimpan kapsul waktu ini berasal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada HUT-70 Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2015 dan akan kembali dibuka pada 70 tahun mendatang.

“Kebetulan saya hadir saat dimulai di Sabang dan ikut menerima di Kalimantan Timur dan Merauke. Kami ditugasi membangun monumen untuk menyimpan kapsul waktu yang akan dibuka pada tahun 2085,” jelas Basuki beberapa waktu lalu.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here