Anies Baswedan : DKI Jakarta Akan Membangun Saringan untuk Mencegah Sampah Kiriman

0
399
Foto : Deskgram

Jakarta, namalonews.com – Di musim penghujan ini untuk mencegah sampah kiriman dari hulu yang terbawa arus sungai masuk ke dalam kota, Pemprov DKI Jakarta akan membangun saringan-saringan besar di perbatasan sungai-sungai di Jakarta.

“Tahun depan akan dibangun saringan-saringan besar, semacam bendungan untuk menyaring sampah-sampah yang hanyut agar tidak masuk ke dalam kota. Sehingga bisa dibersihkan sebelum sampai ke Manggarai,” ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

Anies menuturkan pengalamannya, pada musim hujan, berbagai jenis sampah terbawa arus sungai akan masuk ke Jakarta. Dia bahkan pernah melihat kasur yang tidak terpakai dibuang ke sungai.

“Kemarin saya menemukan langsung kasur besar sekali. Yang begitu repot buangnya. Mungkin mereka cari tempat sampah susah, pas hujan tinggi, kasurnya dilempar ke sungai,” kata Anies.

“Dengan saringan itu, sampah bisa dibersihkan sebelum sampai ke Manggarai. Karena ketika dibiarkan, itu juga merusak rumah-rumah atau lingkungan yang ada di sekitar sungai di Jakarta karena aliran-aliran sampah,” jelas Anies.

Sementara itu Kepala Satuan Pelaksana Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Rohmat, Kamis (15/11/2018), mengatakan bahwa sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai dihimpun dengan kubus apung. Dengan begitu, tidak ada pintu air yang perlu ditutup meski banyak sampah menumpuk.

“Kubus apung itu bukan jaring ya. Itu alat penyekat supaya sampah-sampah berukuran besar yang mengambang bisa ketahan di kubus apung itu. Nah, kalau sudah ketahan, kami bersihkan dengan cara angkat pakai alat berat,” ujar Rohmat.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here