Tahun 2019, Kementerian Pariwisata Siap Gelar 11 Kejuaraan Surfing Dunia di Indonesia

0
152
Foto : epicgapyear.com

Jakarta, namalonews.com – Setelah sukses di 2018, Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan World Surf League (WSL) dan sejumlah pemerintah daerah di Indonesia kembali akan menyelenggarakan kejuaraan World Surf League 2019.

Sepanjang tahun 2019 diagendakan 11 kejuaran surfing intenasional (World Surf League) di beberapa daerah di Tanah Air sehingga menempatkan Indonesia sebagai destinasi surfing nomor satu di dunia.

Sebagai persiapan dalam penyelenggaraan World Surf League 2019, Kementerian Pariwisata menggelar workshop World Surf League. Acara tersebut digelar di Alila Hotel Pecenongan Jakarta Pusat, Senin, 19 November 2018.

Berbagai perwakilan daerah yang lokasinya memiliki potensi wisata surfing bersama Tim Percepatan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), dan World Surf League (WSL) hadir dalam acara tersebut.

Foto : kompas.com/Muhammad Irzal Adiakurnia

Dalam sambutannya, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar, Dwisuryo Indroyono mengatakan, Indonesia patut bersyukur dikaruniai banyak pantai dengan ombak surfing yang tersebar di sepanjang pesisir pantai bagian Barat dan Selatan Samudra Hindia serta pesisir pantai Samudra Pasifik.

“Indonesia mempunyai ratusan pantai surfing, 30 di antaranya menjadi lokasi surfing kelas dunia. Dari 30 lokasi ini, 11 di antaranya menjadi tempat penyelenggaraan WSL 2019 sehingga menempatkan Indonesia sebagai destinasi surfing nomor satu di dunia,” kata Indroyono Soesilo.

Indroyono menegaskan, kejuaraan surfing internasional WSL membawa dampak langsung pada ekonomi di daerah, juga sebagai ajang promosi yang efektif karena event sport tourism ini mendapat liputan media internasional. Ia menyebutkan, Krui di Lampung bahkan saat ini sudah mendunia.

“Krui Pro berlokasi di pantai Barat Lampung. Dari bandara ke sana (lokasi surfing) tujuh jam menyeberangi Bukit Barisan, tapi orang datang ke sana. Yang hebat, kalau ikut program seperti ini di-cover ke seluruh dunia. Kita bukan bicara Yogya, Bali, tapi ini di Krui, dan sekarang Krui mendunia,” ungkap Indroyono.

Sebanyak 11 event kejuaraan WSL alam digelar di 11 lokasi berbeda, dari West Sumbawa Pro, Krui Pro, Bali Pro Keramas, Simeulue Pro, Cimaja Pro, Pacitan Pro, Rote Pro, Nias Pro, Mandalika Pro Lombok, Kuta Pro, Mentawai Pro.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here