Jokowi Resmi Melantik Andika Perkasa Menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)

0
112
Foto : twitter/kspgoid

Jakarta, namalonews.com – Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen Andika Perkasa menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Mulyono yang akan memasuki masa pensiun pada Januari 2019.  Pelantikan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (22/11) sekitar pukul 09.00 WIB.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Andika mengikuti lafadz sumpah yang disampaikan Presiden Jokowi.

Sumpah tersebut mengawali tugasnya sebagai Kasad yang baru. Jabatan yang disandangnya itu membuat Andika kini diberi pangkat Jenderal.

Pria kelahiran Bandung ini merupakan lulusan Akademi Militer pada 1987. Kariernya diawali sebagai perwira pertama infanteri di Komando Pasukan Khusus Grup 2. Pangkat pertamanya Letnan Dua.

Delapan tahun kemudian Andika dipercaya menjadi Komandan Tim 3, Sat Gultor 81 Kopassus. Andika menjalani penugasan sebagai Kepala Seksi Kajian Strategi Hankam Departemen Pertahanan sekitar tahun 2000.

Setelahnya, dia kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, grup 3 dengan pangkat Letnan Kolonel. Hingga pada 2013 Andika menjabat Kadispen TNI AD.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here