Roti Ini Bahan Bakunya Terbuat dari Kecoa

0
198
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Serangga kecoa yang berwarna kecoklatan banyak didapati di rumah-rumah atau selokan dan menjadi hewan menjijikan bagi sebagian orang. Secara reflek kita pasti akan bergerak cepat menyemprotnya dengan racun serangga.

Di Brazil ternyata hewan kotor ini bisa dijadikan sebagai santapan yang lezat. Fakta menunjukkan bahwa susu kecoa memiliki kandungan protein tinggi, bahkan bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi.

Penemuan tersebut kemudian menjadi inspirasi dua orang mahasiswa Universitas Rio Grande, Brazil, dengan mencoba memanfaatkan kecoa sebagai bahan utama dalam pembuatan roti.

Mahasiswa jurusan teknik pangan bernama Andressa Lucas dan Lauren Menegon tersebut mengembangkan produk tepung serangga yang terbuat dari kecoa.

Namun kecoa yang digunakan untuk membvuat roti berbeda dengan kecoa yang kita jumpai di kamar mandi atau selokan. Melainkan spesies kecoa yang hidup dan berkembang di wilayah Afrika Utara yang bernama Nauphoeta Cinirea, atau kecoa udang.

Dilansir Oddity Central, sebagai bahan pembuatan makanan, kecoa tersebut tentu sudah dikembangbiakkan dengan cara khusus dan benar-benar dijaga higienitasnya. Diberi makan buah-buahan dan sayuran yang disetujui ANVISA, instansi pengawas kebersihan di Brazil.

Spesies kecoa udang ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, hampir 70% besarnya. Bahkan, jumlah tersebut jauh lebih besar 50% bila dibandingkan dengan daging merah.

Namun demikian, masih banyak masyarakat yang tidak mau mencoba menyantap roti kecoa buatan Andressa dan Lucas ini.  Apalagi ketika mereka sudah mengetahui bahan bakunya.

Penulis  : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here