Bonsai Berusia 100 Tahun Seharga 1 Milyar Dipamerkan di Surabaya

0
144
Foto : Jatimnet.com

Jakarta, namalonews.com – Ada yang menarik dari Festival Bonsai Nusantara 2018 yang digelar di  Taman Surya, Kota Surabaya, Jawa Timur, selama dua hari 25 November 2018 hingga 2 Desember 2018. Satu bonsai telah menarik perhatian pengunjung karena nilainya yang fantastis, yaitu mencapai Rp 1 miliar.

Bonsai yang diperkirakan berumur 100 tersebut adalah dari jenis pohon Kimeng atau Ficus Microcarpa yang yang banyak tumbuh di daratan tinggi di Cina dan Taiwan. Bonsai ini disebut milik seorang kolektor dari Jakarta.

Selain bonsai seharga Rp 1 miliar tersebut, masih ada sekitar 350 bonsai lainnya yang dipamerkan di Surabaya. Bonsai-bonsai tersebut merupakan milik 200 kolektor yang didatangkan langsung dari Bali, Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan dan pulau lainnya.

Dalam festival bonsai ini dipamerkan 10 spesies pohon bonsai yang dengan ukuran besar, sedang dan kecil. Bonsai yang ditampilkan memiliki daya tarik tersendiri, baik dari sisi artistik, seni, dimensi dan proporsionalnya.

Bonsai yang dipamerkan akan mengikuti kompetisi untuk dinilai dan menperebutkan piala dari Kementrian Dalam Negeri. Penilaian meliputi beberapa aspek yang meliputi artistik, usia pohon, bagaimana pemiliknya merawat dan juga bentuk pohonnya.

Bonsai bernilai selangit memang belum tentu bisa menang jika diikutsertakan dalam kompetisi. Sebab sudah ada kesepahaman di kalangan komunitas bonsai bahwa harga bukanlah suatu ukuran untuk menjadi juara.

Peserta yang mengikuti pameran ini merupakan masyarakat umum di seluruh Indonesia. Selain kompetisi tersebut, akan diadakan juga kegiatan sarah sehan yang dibuka umum untuk warga Surabaya.

Penulis  : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here