Menantu Luhut, Brigjen Maruli Simanjuntak Jadi Danpaspampres

0
357
Foto : Batakgaul.com

Jakarta, namalonews.com – Melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1240/XI/2018, Brigjen TNI Maruli Simanjuntak yang menjadi Kasdam Kodam Diponegoro beralih jabatan menjadi Danpaspampres. Surat tersebut ditandatangani Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto pada Kamis (29/11/2018).

Maruli yang merupakan alumni Akademi Militer tahun 1992 ini menggantikan Mayjen TNI Suhartono yang menjadi Dankormar. Sementara untuk jabatan Kasdam Kodam Diponegoro yang ditinggalkan Maruli diisi oleh Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Sosok Maruli yang merupakan menantu dari Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ini tak asing dengan dunia Paspampres. Saat masih berpangkat kolonel, dia pernah menjabat sebagai Komandan grup A yang bertugas mengawal Presiden.

Maruli Simanjuntak lahir di Bandung pada 24 Februari 1970, sebagai anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan Batak yang merantau ke Jawa. Ayahnya berprofesi sebagai guru dan ibunya seorang perawat.

Ketika menduduki jabatan Komandan Grup A Paspampres (2014-2016), Maruli pernah bertugas selama 1,4 tahun di pengawalan dan pengamanan Presiden dan keluarga Presiden. Setelah itu dia baru mendapat tugas sebagai Danrem 074/Warastratama.

Dilihat dari prestasinya diketentaraan, Maruli pernah terpilih sebagai Danrem terbaik dalam bidang Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional tahun 2016. Saat itu Maruli masih menyandang tugas sebagai Danrem 074/Warastratama Surakarta.

Maruli kini resmi menjabat Danpaspampres. Dengan jabatan tersebut, Maruli tak lama lagi akan menyandang bintang dua di pundaknya.

Penulis  : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here