Kemendagri Larang Jajarannya Gunakan Plastik Sekali Pakai

0
31
Foto 1 : BreakingNews.co.id

Jakarta, namalonews.com – Karena sangat membahayakan lingkungan, seluruh pegawai Kemendagri dilarang menggunakan plastik sekali pakai. Himbauan tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo usai mengikuti rapat di Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Jakarta, Senin (3/12/2018).

“Mulai hari ini kami melarang seluruh jajaran Kemendagri untuk menggunakan bahan plastik sekali pakai, kalau mau minum pakai gelas” ujar Tjahjo.

Tjahjo mengakui memang tidak mungkin menghapus penggunaan kantong plastik selaligus. Namun secara preventif yang bisa dilakukan adalah  memakai ulang plastik, mengurangi pemakaian plastik, dan mendaur ulang sampah plastik.

“Selain itu diperlukan regulasi dari pemerintah untuk meredam laju penggunaan plastik,” ujar Tjahjo.

Foto 2 : Mommies Daily

Menurut Mendagri, selama ini, pelarangan kantong plastik merupakan kewenangan pemerintah daerah. Namun, perlu diperkuat dengan kebijakan pemerintah pusat, untuk menekan penggunaan bahan kemasan plastik.

“Kepada semua jajaran lingkup Kemendagri dan BNPP, mulai hari ini setop makan dan minum menunggunakan bahan kemasan plastik sekali pakai dan sedotan plastik  dalam setiap acara sehari-hari di lingkungan Kemendagri dan BNPP di acara apapun” ucapnya.

Penggunaan kantong plastik di Indonesia sangat tinggi. Menurut sejumlah sumber data, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun.  Dari jumlah itu, sekitar 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Sementara kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 85 ribu ton per tahun.

Penulis  : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here