Mulai Tahun 2019 Gaji PNS Naik, Tapi Bayarnya Dirapel

0
1861
Foto : suarantb.com

Jakarta, namalonews.com – Kementerian Keuangan menginformasikan gaji PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dinaikkan sebesar 5 persen tahun depan. Namun demikian pembayarannya akan dirapel per Maret 2019.

Direktur Jenderal Kemenkeu, Askolani, mengatakan untuk mendukung kenaikkan gaji ini, akan disiapkan Peraturan Pemerintah (PP) pada Januari mendatang dan kemudian diterbitkan pada Maret 2019.

“Terbitnya bulan Maret biasanya. Meski kebijakan itu diterbitkan bulan Maret, berlaku sejak Januari karena perhitungan mengenai kenaikan gaji itu sudah kita hitung sejak Januari,” terangnya di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Pembahasan PP tentang kenaikan gaji PNS itu baru akan dimulai pada Januari 2019. Pembahasannya dilakukan oleh Kemenkeu bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Askolani juga menegaskan kenaikan sebesar 5 persen tersebut berlaku untuk 12 bulan gaji PNS pada tahun 2019. Dengan demikian, realisasi kenaikan 5 persen pada gaji PNS akan dirapel setelah PP terbit.

Lanjut Askolani, nanti Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang akan mengumumkannya secara langsung. Kenaikan ini juga menjadi basis untuk gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR).

Penulis  : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here