Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun Ditemukan di Kairo

0
137
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Arkeolog Mesir menemukan makam kuno berusia 4.400 tahun yang terpelihara dengan baik di komplek pemakaman Saqqara yang terletak 30 meter di wilayah Selatan Kairo. Dinding di dalam makam tersebut dihiasi dengan banyak tulisan hieroglif dan patung-patung.

Demikian menurut informasi yang diungkap Kementerian Barang Antik Mesir Khalid al-Anani. Makam kuno era Firaun tersebut milik Wah Te, imam besar di sebuah tempat ibadah yang ada di dekat lokasi.

Sekitar 50 ceruk kecil di dalam makam berisi patung-patung berwarna yang diukir di batu, termasuk satu orang yang berdiri atau dalam posisi menulis. Patung ini mungkin milik mendiang atau anggota keluarganya.

Dinasti Kelima memerintah Mesir sekitar periode 2.500 tahun sebelum Masehi hingga 2.350 tahun sebelum Masehi, tidak lama setelah piramida agung Giza dibangun. Saqqara telah menjadi pemakaman untuk Memphis, ibu kota Mesir kuno selama lebih dari dua milenial.

Foto : Istimewa

Sementara satu poros tidak disegel dan tak ada apa pun di dalamnya, tapi empat poros lainnya disegel. Para arkeolog yakin mereka akan membuat lebih banyak penemuan saat penggalian dilakukan pada empat poros tersebut yang dimulai pada Minggu (16/12).

Makam itu bertanggal dari era pemerintahan Neferirkare Kakai, raja ketiga dari Dinasti Kelima Kerajaan Tua. Para arkeolog memindahkan lapisan terakhir dari makam itu pada Kamis (13/12) dan menemukan lima poros di dalamnya.

Warga Mesir kuno memiliki tradisi memumi manusia untuk mengawetkan jasadnya untuk kehidupan setelah mati. Mumi binatang juga digunakan sebagai sesaji religius.

Mesir telah mengungkap lebih dari sepuluh penemuan kuno tahun ini. Negara itu berharap berbagai penemuan makam kuno ini akan semakin meningkatkan citra Mesir di luar negeri dan menghidupkan kembali minat para turis yang pernah membanjiri berbagai kuil dan Piramida Firaun sebelum jumlah para turis menurun drastis akibat krisis politik 2011.

Pada November lalu, Kementerian Barang Antik Mesir juga mengumumkan bahwa pemakaman kucing dalam jumlah massal dan koleksi kumbang scarab yang dimumi menjadi salah satu dari tujuh makam yang ditemukan di Saqqara. Di sana juga menjadi tempat Piramida Step yang terkenal.

Kemudian Februari lalu, para arkeolog Mesir juga menemukan makam kuno berisi 40 sarkofagus batu, sekitar 1.000 patung kecil, dan bantalan kalung bertulisan hieroglif yang berarti “selamat tahun baru”.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here