Menteri Koperasi dan UKM Ajak Generasi Muda Tidak Jadi PNS

0
164
Foto : kompas.com/Sakina Rakhma Diah Setiawan

Jakarta, namalonews.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Anak Agung Ngurah Puspayoga mendorong generasi muda untuk tidak menjadi pegawai negeri. Ia malah mendorong generasi muda untuk menjadi pengusaha atau wirausaha.

Menurut Puspayoga, kemajuan sistem teknologi dan informasi semakin mempermudah kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya kemajuan teknologi, hal tersebut dapat membuka peluang untuk berwirausaha.

“Sekarang ini adalah new era para pelaku usaha. Saya harapkan teman-teman dari seluruh Indonesia jangan jadi pegawai negeri lah. Dengan new era entrepreneurship, maka harus jadi pengusaha,” kata Puspayoga saat memberikan sambutan pada acara Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo di Denpasar, Bali, Sabtu (15/12/2018).

Untuk menjadi pengusaha di zaman super canggih ini tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan melihat peluang yang ada dan kemudian dikembangkan melalui dunia digital.

“(Dulu) mau jadi pengusaha hotel harus punya hotel, mau jadi pengusaha restoran harus punya restoran, sekarang tidak punya hotel dan restoran pun bisa (jadi pengusaha),” ujar Puspayoga.

Menurut Puspayoga, tidak ada salahnya generasi muda memilih menjadi pegawai negeri. Akan tetapi, ia memandang menjadi pegawai negeri berarti memiliki kesempatan yang terbatas.

Sementara itu, menjadi pengusaha berarti memiliki kesempatan yang terbuka lebar. Apalagi, saat ini banyak kemudahan yang diberikan pemerintah kepada pengusaha UKM. Ia memberi contoh adalah fasilitas kredit usaha rakyat (KUR).

Sebelum pemerintahan Presiden Joko Widodo, suku bunga KUR mencapai 22 persen, namun kini telah diturunkan menjadi hanya 7 persen. Selain itu, pajak UKM juga telah diturunkan dari sebelumnya 1 persen menjadi 0,5 persen.

“Ini kesempatan yang diberikan Pak Presiden, bagaimana ekonomi kerakyatan bangkit,” jelas Puspayoga.

Namun, sebelum terjun menjadi seorang wirausaha, ada baiknya anak muda bekerja lebih dulu. Menurutnya, pengalaman sekecil apapun di perusahaan bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha nantinya.

“Manfaatkan ilmu di sekolah dengan sebaik-baiknya. Berikan manfaat sebesar-besarnya di perusahaan dan berikan manfaat untuk diri kita dengan sebaik-baiknya. Harus cari pengalaman dulu dengan bekerja,” kata dia

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here