Lumba-Lumba Ternyata Tertarik Nonton TV Show

0
123
Foto : The Independent

Jakarta, namalonews.com – Layaknya seperti manusia, ternyata hewan menyusui lumba-lumba begitu menyukai tayangan TV Show. Hal tersebut dibuktikan lewat serangkaian penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Dolphins Plus Marine Mammal Responder.

Seperti dikutip dari Cnet, Senin (10/12/2018), para ilmuwan tersebut memutar video di layar TV melalui jendela bawah laut. Mereka mengamati 11 lumba-lumba hidung botol dan lima jenis bergigi kasar untuk mempelajari perilakunya.

Hewan-hewan air tersebut diperlihatkan pemandangan laut lewat pemutaran film dokumenter alam Planet Earth dan juga SpongeBob SquarePants untuk menguji apakah hewan mamalia ini lebih suka lautan yang lebih realistis atau animasi.

Para peneliti kemudian menganalisa reaksi atau gerakan lumba-lumba saat menonton TV, seperti menganggukkan kepala atau berenang tidak teratur. Dari data yang dikumpulkan, peneliti mengungkapkan bahwa lumba-lumba kemungkinan tertarik dengan acara TV Show dan tidak peduli apa pun yang terjadi.

Dalam studi baru di Zoo Biology, para peneliti menyatakan di antara lumba-lumba hidung botol, yang berjenis kelamin jantan ternyata menonton televisi lebih lama. Juga merespons perilaku secara signifikan lebih banyak, menampilkan tingkat yang lebih tinggi dari perilaku gelembung, dan agresif dibandingkan yang berjenis kelamin betina.

Meskipun tidak ada data yang menunjukkan bukti bahwa lumba-lumba lebih menyukai kartun dibanding film dokumenter alam, para peneliti percaya bahwa TV bisa tetap menjadi alat pengayaan yang berguna dan eksperimental kognitif untuk pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan laut.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here