Setiap Tahun Boyband BTS Isi Kas Negara Rp52,6 Trilliun

0
229
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Boyband asal Negara Korea Selatan, BTS (Bangtan Boys) berhasil menyumbangkan sekitar 4,1 triliun won (Rp52,6 triliun, kurs Rp12,8 perwon) pertahun terhadap perekonomian negaranya.

Jumlah tersebut setara dengan total penjualan gabungan tahunan 26 perusahaan kelas menengah di negara itu. Kontribusi BTS tersebut diungkapkan Hyundai Research Institute (HRI) yang dirilis baru-baru ini.

Menurut hasil riset lembaga tersebut, satu dari 13 wisatawan mancanagera (wisman) yang berkunjung ke Korsel pada 2017 adalah penggemar BTS. Mereka datang berkelompok dari berbagai negara untuk menonton konser boyband BTS ini.

“Sebanyak 800.000 turis asing atau 7% dari total 10,4 juta wisman diyakini memilih Korsel sebagai destinasi wisata karena BTS,” ungkap HRI, seperti dikutip dari channelnewsasia.com.

Foto : ist

Selain itu, BTS mendorong nilai ekspor Korsel sebesar USD 1,1 miliar atau 1,7% dari total ekspor USD65,2 miliar untuk pakaian, kosmetik, hingga makanan.

BTS adalah grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk label rekaman Big Hit Entertainment. Grup ini beranggotakan tujuh cowok, yakni RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook.

Boy band ini berhasil menduduki puncak chart album Billboard AS sebanyak dua kali di tahun ini, lewat lagu “Love Yourself: Tear” dan “Love Yourself: Answer”. Sebelumnya pada September 2017, BTS untuk pertama kalinya menembus chart album Billboard AS lewat lagu DNA.

Kesuksesan tersebut membawa BTS menjadi boyband K-Pop paling populer dan digilai di berbagai negara. Baru-baru ini, mereka menggelar tur luar negeri dengan jadwal yang padat, termasuk di Amerika Utara dan Eropa.

Penulis  : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here