Jumlah Transaksi Harbolnas 2018 Tembus Rp 6,8 Triliun

0
211
Foto : Agus Tri Haryanto/detikINET

Jakarta, namalonews.com – Dalam ajang pesta Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2018 terbesar pada 12 Desember lalu, jumlah transaksi penjualan tembus Rp 6,8 triliun.

Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan mengatakan nilai transaksi pada hari belanja online tersebut mencapai angka tertinggi sepanjang tujuh tahun terakhir.

Dari total Rp 6,8 Triliun produk lokal berhasil menyumbang 46% dari nilai transaksi tersebut yakni Rp 3,1 Triliun.

“Harbolnas tahun ini memang kami fokuskan untuk membantu meningkatkan daya jual produk lokal platform e-commerce. Tentunya kami sangat senang hampir setengah dari nilai transaksi Harbolnas tahun ini berasal dari produk lokal yaitu Rp 3,1 triliun melampaui target kami yang hanya Rp 1 triliun,” ujar Indra saat Konferensi Pers di Ayana Mid Plaza, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Data hasil Harbolnas ini merupakan kerjasama panitia Harbolnas 2018 dengan lembaga riset Nielsen. Adapun data ini didapat dari hasil riset yang dilakukan Nielsen sehari setelah Harbolnas yang berlangsung 13 Desember 2018 di 31 kota di Indonesia.

Walaupun begitu angka Rp 6,8 Trilun tersebut sebenarnya kurang mencapai target yang diinginkan yakni Rp 7 Triliun.

“Tahun ini targetnya cukup sangat agresif yakni Rp 7 Triliun tapi angka Rp 6,8 Triliun itu bagus sebenarnya,” ujar Indra.

“Harbolnas ini merupakan puncak dari belanja online dari 9.9 kemudian 10.10 11.11 dan 12.12 adalah puncaknya,” lanjutnya

Tahun ini, untuk pertama kalinya Harbolnas didukung oleh tiga kementerian yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Untuk pertama kalinya Harbolnas di dukung oleh tiga Kementerian, bekerja sama dengan 300 e-commerce gotong royong mensukseskan Harbolnas tahun ini,” kata Indra.

Ajang ini juga didukung oleh Bank Mandiri dan Midtrans sebagai official sponsor, CIMB Niaga, Facebook, Jaringan Prima, IMX, PopBox PopExpress dan Jet sebagai Official partner dan ShopBack sebagai official cashback partner.

Untuk kategori produk yang paling banyak dibeli adalah pakaian dengan nilai 56%, di urutan kedua adalah produk kecantikan dengan nilai 26%, dan ketiga adalah produk elektronik 16%.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here