12 Kali Mangkir Sidang, GKR Ratu Hemas Diberhentikan Sebagai Anggota DPD RI

0
234
Foto : krjogja.com

Jakarta, namalonews.com – Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Ratu Hemas, dipecat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI oleh Badan Kehormatan (BK) DPD. Namun istri dari Sri Sultan Hamengkubuwono X kemudian menolak keputusan tersebut.

“Jelas, saya menolak keputusan pemberhentian sementara,” ujar GKR Hemas dalam jumpa pers di kantor DPD RI DIY, Jumat (21/12/2018).

GKR Hemas menegaskan jika ia menghadiri sidang DPR RI yang dipimpin Oesman Sapta Odang, itu berarti dia mengakui kepemimpinan DPD RI saat ini.

“Sejak Oesman Sapta Odang dan kawan-kawan mengambil alih kepemimpinan secara ilegal, saya dan beberapa teman tidak mengakui kepemimpinannya. Kalau saya hadir dalam sidang yang dipimpin berarti secara langsung mengakui kepemimpinannya,” tegasnya.

Penolakan terhadap pimpinan DPD RI tersebut, menurut Hemas, karena proses pengambilalihan pimpinan melawan hukum. Sementara putusan MA di tingkat kasasi, tidak pernah menyatakan benar dan sah pengambilalihan tersebut.

Dalam hal ini, GKR Hemas tidak menolak orangnya (Oesman Sapta Odang), tetapi caranya yang menabrak hukum.

“Hukum harus tegak di negeri ini dan tidak boleh ada warga yang kebal hukum apalagi berada di atas hukum,” lanjutnya.

Diberitakan, hasil sidang etik dan juga keputusan pleno Badan Kehormatan DPD RI, telah ditemukan data dua belas kali secara berturut turut GKR Hemas tidak menghadiri sidang paripurna DPD RI.

Penulis  : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here