JK Memprediksi Akan Ada 5 Partai Gagal Masuk Parlemen di Pemilu 2019

0
519
Foto : Setwapres

Jakarta, namalonews.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla memperkirakan tidak semua partai peserta Pemilu 2019 akan lolos parliamentary threshold. Setidaknya ada 4 hingga 5 partai peserta Pileg yang diprediksi raihan suaranya tidak sampai 4 persen.

“Menurut saya kira-kira ada 4 sampai 5 partai yang tak mencapai 4 persen,” demikian kata JK dalam acara silaturahim akhir tahun Partai Golkar di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (20/12).

“Mungkin banyak suara yang hilang, setidaknya ada 4-5 partai yang tidak mencapai 4 persen. Oleh sebab itu, partai harus kerja keras mengejar elektabilitas 4 persen. Salah satunya lewat visi-misi dalam mensejahterakan masyarakat,” tambah JK.

JK tidak menyebut partai mana saja yang diprediksinya tidak akan menempatkan wakil di parlemen karena tidak bisa menembus ambang batas suara. Dia hanya mengatakan, syarat 4 persen suara itu telah membuat partai kecil dan menengah berupaya mati-matian.

Selain itu JK juga mengimbau seluruh anggota legislatif Partai Golkar terus memberikan contoh yang baik dan menawarkan harapan yang lebih baik ke depannya kepada masyarakat.

“Makanya pekerjaan partai bagaimana harus lolos di parliementary threshold, apa yang dijual? Harapan,” kata JK.

Selain soal ambang batas parlemen, JK mengomentari soal Pemilu Serentak 2019 yang dianggapnya rumit. Menurut wapres 2 periode ini sebaiknya jika pilpres dan pileg dipisahkan jadwal pencoblosannya.

“Mudah-mudahan nanti di DPR, Undang-Undangnya diamandemen lagi. Untuk memisahkan pemilu antara pilpres dan pileg,” jelas JK.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here