Mulai 2019, Sistem Perizinan Usaha OSS Akan Dialihkan ke BKPM

0
212
Foto : Rico

Jakarta, namalonews.com – Perpindahan pelayanan sistem perizinan usaha terintegrasi satu pintu secara elektronik (online single submission/OSS) ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan dimulai 2 Januari 2019.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jumat (21/12/2018). Dalam masa transisi ini, tim dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian masih akan mendampingi tim BKPM.

“Ada dua rencana pengalihan OSS tersebut, yang pertama pengalihan pelayanan perizinan dan yang kedua pengelolaan sistem” ujar Darmin

OSS Mempunyai 4 aspek penting yaitu, regulasi, proses bisnis untuk menjadi standar membuat sistem bersama, sistem operasional pengelolaan dan penyelasaian kasus- kasus.

Selain itu, pelayanan OSS yang dialihkan ialah operasional layanan perizinan OSS, pusat layanan dan berbantuan teknis lewat email juga dialihkan ke BKPM.

“Untuk penyediaan infastruktur IT (jaringan, server, perangkat keras) butuh waktu sekitar dua bulanan,” ungkap Darmin.

“Untuk penyediaan infrastruktur IT masih butuh waktu sekitar bulan Januari – Februari. Jadi masih di kementerian koordinator bidang perekonomian. Rencananya akan dialihkan mulai 1 maret 2019,” imbuh Darmin

Anggaran untuk OSS sudah disetujui oleh Kemenkeu sebesar Rp 100 miliar. Namun tidak bisa semuanya dicairkan secara langsung. Jadi harus ada transisi.

Menurut, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Andi Maulana , perlu ada masa transisi beberapa bulan untuk menyempurnakan seluruh sistem OSS yang pindah ke BKPM dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Masa transisi perlu untuk penyempurnaan, kami diberi waktu selama lima bulan untuk menyiapkan pengadaan-pengadaan sarana untuk OSS sebelum ada pengalihan lebih lanjut,” ujar Andi.

“Ya jadi untuk penyiapan sarana dan prasarana sekitar 35 meja-meja pelayanan, pelayanan sistem antrian semua akan pindah ke BKPM dalam waktu dekat,” lanjutnya

Dengan keputusan perpindahan OSS ke BKPM tahun depan, maka investor di bidang Usaha Mikro Kecil dan Usaha (UMKM) sampai skala besar yang ingin mendapatkan izin usaha tidak perlu datang ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, melainkan langsung ke BKPM.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here