Estafet Tongkat Komando dari Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono ke Mayjen TNI (Mar) Suhartono

0
273
Foto : Era.id

Jakarta, namalonews.com – Mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono resmi menerima tongkat komando kepemimpinan Korps Marinir dari pejabat lama Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

Upacara militer serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji ini,  berlangsung di Lapangan Apel Bhumi Marinir Cilandak Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018).

Acara penyerahan jabatan pimpinan Korps Baret Ungu tersebut didahului dengan sumpah dan penandatanganan pakta integritas, penyematan tanda jabatan dan penyerahan tongkat komando Komandan Korps Marinir.

Foto : Izzul

Dalam amanatnya, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengingatkan, jabatan adalah suatu kehormatan sekaligus amanah. Juga merupakan kewajiban bagi setiap pejabat untuk dapat menjaga kehormatan Korps Marinir dan keseimbangan antara otoritas dan tanggung jawabnya sebagai seorang Komandan.

Menurut catatan, Mayjen TNI Suhartono merupakan alumnus AAL 34 tahun 1988. Sebelumnya, dia menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Selain itu pernah dipercaya sebagai Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut XI Merauke, Komandan Resimen AAL, Asrena Dankormar, Danbrigif-2 Marinir, dan Komandan Detasemen Jalamangkara.

Pria kelahiran Batang, 15 April 1966, itu juga telah menyelesaikan jenjang S2 untuk bidang studi strategi dan kampanye militer di Universitas Pertahanan.

Foto : Anton

Dalam acara sertijab ini ditampilkan berbagai aksi kemampuan Korps Marinir antara lain, atraksi terjun payung free fall, serangan kilat Denjaka, defile pasukan, dan defile kendaraan tempur Korps Marinir.

Kemudian ditampilkan kendaraan tempur Korps Marinir antara lain tank amfibi BMP-3F, landing vehicle tank (LVT)-7, roket multilaras (RM) 70 Grad, meriam How-105, tank Tatra, dan sea rider.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here