Hyundai Santa Fe Akan Gunakan Sistem Keamanan Sidik Jari

0
167
Foto : Autoevolution

Jakarta, namalonews.com – Untuk mencegah adanya pencurian yang terjadi pada mobil, produsen asal Korea Selatan, Hyundai akan mengembangkan teknologi terbaru yaitu finger print atau sidik jari.

Sebelum Natal lalu perusahaan mobil Korea Selatan, Hyundai, mengumumkan bahwa teknologi ini akan digunakan pada model SUV Santa Fe model 2020 yang mulai dijual pada kuartal pertama 2019.

Hyundai berencana menggunakan sistem sidik jari untuk tiga aktivitas pada Santa Fe.

Pertama untuk membuka kunci pintu Santa Fe. Pemilik harus menempelkan sidik jarinya ke sensor yang sudah ada di pegangan pintu untuk memasuki SUV ini.

Foto : Autoevolution

Kedua, untuk menyalakan mesin Santa Fe. Caranya, mirip dengan membuka pintu, hanya menempelkan sidik jari ke sensor yang ada ignition module.

Ketiga, teknologi ini juga terintegrasi dengan seluruh sistem, dimana saat sistem mengenali sidik jari di sistem maka secara otomatis mobil akan menyesuaikan posisi duduk, fitur mobil yang terhubung, dan sudut spion samping sesuai dengan pengemudi.

Jika dibandingkan dengan kunci biasa dan smart key, Hyundai mengklaim teknologi finger print akan lima kali lebih aman ketimbang kedua sistem kunci sebelumnya. Menurut Hyundai, teknologi yang akan digunakan untuk Santa Fe itu hanya memiliki peluang eror 1:50.000, untuk mengidentifikasi sidik jari.

“Di masa depan, Hyundai berencana untuk memperluas penerapan teknologi untuk memungkinkan penyesuaian suhu, posisi roda kemudi, dan banyak fitur lainnya yang akan disesuaikan dengan preferensi pengemudi. Ini pada akhirnya akan menawarkan pengalaman berkendara yang berkualitas bagi setiap dan semua pelanggan Hyundai,” ungkap kepala divisi R&D Hyundai Albert Biermann, seperti dikutip dari Autocarpro, Jumat (27/12/2018).

Hyundai juga membahas masalah keamanan pada teknologi sidik jari cerdas ini. Dengan pengenalan kapasitansi, yang mendeteksi perbedaan level listrik di berbagai bagian ujung jari, teknologi sidik jari secara efisien mencegah pemalsuan dan sidik jari palsu.

Hadirnya teknologi sidik jari yang terintegrasi dengan seluruh sistem yang terdapat di mobil Hyundai Santa Fe menjadi ambisi dari Hyundai untuk menjadi produsen yang unggul soal teknologi automotif.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here