Malam Tahun Baru, Jalan Malioboro Ditutup Untuk Kendaraan Mulai Sore Hari

0
97
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Pusat wisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Jalan Malioboro akan ditutup untuk semua jenis kendaraan pada malam tahun baru, Senin, (31/12/2018) sejak sore hari.

Sat Lantas Polresta bersama Dishub Kota Yogyakarta akan merekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Malioboro pada malam pergantian tahun. Ini bertujuan untuk memberi kesempatan masyarakat yang hendak merasakan detik-detik pergantian tahun 2019 dengan berkumpul di sepanjang jalan Malioboro.

Penutupan Jalan Malioboro jelang pergantian tahun itu dilakukan bertahap.

“Pukul 15.00 WIB nanti kita bersama dinas terkait dari Dishub, Satpol PP, akan melakukan pembersihan (sterilisasi) kendaraan baik roda 2, roda 4, andong, becak, becak motor di sepanjang Jalan Malioboro,” ujar Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetyo, Jumat (28/12/2018).

Petugas akan berjaga di jalan poros penyangga Malioboro untuk membantu mengarahkan arus kendaraan. Di antaranya di Jalan Bhayangkara, Jalan Letjend Suprapto, Jalan Mataram, simpang Gondomanan, Pangurakan, Ngabean, Jlagran, Pingit, Tugu, Gramedia dan simpang Simanjuntak.

Foto : ist

Sterilisasi Malioboro itu diikuti dengan pengalihan arus kendaraan yang akan masuk Malioboro melalui jalur-jalur penyangga.

“Nanti dari Satpol PP yang akan membantu termasuk Dishub Kota Yogyakarta untuk pemasangan pagar orange itu. Sehingga diharapkan tidak ada (kendaraan) yang masuk melalui sirip sisi dalam Malioboro,” lanjutnya.

Dengan rekayasa itu, targetnya mulai pukul 19.00 kawasan Malioboro dan jalur penyangga sudah benar-benar bebas kendaraan apapun.

Untuk sejumlah simpang besar jalan yang berada di utara Malioboro juga akan ditutup sejak pukul 19.00 WIB. Seperti simpang Tugu, Simpang Mirota UGM, Simpang Takrib, Simpang Pingit, Simpang Simanjuntak dan Simpang Gramedia.

Ditlantas Daerah Istimewa Yogyakarta juga telah berkoordinasi dengan Pemkot Yogya untuk penyediaan kantong parkir kendaraan saat malam Tahun Baru nanti. Rambu-rambu dan petugas akan membantu mengarahkan pengendara untuk menuju kantong parkir. Total kantong parkir yang disiapkan oleh Pemda DIY ada 14 titik lokasi.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here