Ganjil Genap Diperpanjang Mulai Hari Ini dan Akan Mulai Dipasang Rambu

0
131
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan baru saja menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Hal tersebut berarti kebijakan sistem ganjil genap bagi kendaraan roda empat diperpanjang mulai Rabu, 02 Januari 2019.

“Sama semuanya. Sama seperti yang ada sekarang, tidak ada perubahan dari sisi rute-rutenya dan dari sisi waktunya itu sama,” ungkap Anies saat meninjau Kawasan Monas, Selasa (01/01/2019).

Pihaknya akan segera memasang rambu-rambu kebijakan ganjil genap di ruas jalan yang akan ditetapkan oleh sistem tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum terhadap kebijakan yang hanya berlaku kepada kendaraan roda empat atau lebih tersebut.

“Mengapa rambu-rambu dipasang? Karena di lapangan sering kali petugas kita berhadapan dengan pengendara yang berdebat. Sekarang kita berikan kepastian dengan rambu-rambu itu,” ucapnya.

Evaluasi akan dilakukan setiap tiga bulan sekali guna melihat aspek positif dan negatif diterapkannya kebijakan itu. Namun demikian, kebijakan itu akan terus diberlakukan setelah ada hasil evaluasi. “Kami nanti secara reguler tiap tiga bulan akan ada review,” ujar Anies.

Dalam Pergub yang telah ditetapkan, aturan ganjil-genap diberlakukan di Jalan Medan Merdeka Barat, MH Thamrin, Sudirman, Gatot Subroto, sebagian Jalan Jenderal S Parman dari ujung simpang Jalan Tomang Raya sampai Simpang KS Tubun.

Selanjutnya, aturan itu berlaku di Jalan MT Haryono, HR Rasuna Said, DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad Yani. Aturan ini dikecualikan pada segmen persimpangan terdekat sampai dengan pintu masuk tol dan pada segmen pintu keluar tol sampai dengan persimpangan terdekat.

Sistem ganjil-genap berlaku Senin-Jumat mulai pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-20.00. Aturan ini tidak berlaku pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here