KAI Luncurkan KA Pangandaran Rute Gambir-Bandung-Banjar

0
276
Foto : flickr.com

Jakarta, namalonews.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meluncurkan KA Pangandaran relasi Stasiun Gambir-Bandung-Banjar (PP). Peluncuran KA Pangandaran dilakukan di Stasiun Banjar, Rabu (2/1/2019).

Peluncuran KA Pangandaran dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Banjar, Jawa Barat.

“Dioperasikannya KA Pangandaran ini, merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta, Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat,” ujar Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro.

Edi menjelaskan, secara prinsip, KA Pangandaran diluncurkan untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan. Apalagi di tengah jalur darat yang terus mengalami kemacetan.

“Angkutan massal ini sifatnya membantu bukan bersaing dengan angkutan darat lainnya. Karena perjalanan meningkat, sekarang macet. Jadi kita bantu, bukan bersaing,” kata Edi.

KA Pangandaran ini terdiri dari empat unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dengan kapasitas total 520 tempat duduk.

Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA, KAI memberikan tarif promo untuk KA Pangandaran keberangkatan tanggal 2 Januari hingga 1 Februari 2019.

Pada masa promosi selama satu bulan, harga tiket kereta tersebut hanya Rp 110.000 untuk Kelas Ekonomi Premium dan Kelas Eksekutif Rp 160.000 untuk relasi Gambir-Banjar.

Sedangkan untuk kereta relasi Bandung-Banjar hanya Rp 1,00 baik untuk Kelas Ekonomi Premium maupun Kelas eksekutif.

Setelah masa promosi habis, kereta tersebut akan memiliki tarif sesuai peraturan mengenai tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBW) yang ditentukan pemerintah. Ini dilakukan agar tidak menyalahi aturan.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here