Mengukur Karbon Hutan di Dunia Lewat Satelit

0
71
Foto : eman.blog.st3telkom.ac.id

Jakarta, namalonews.com – Hutan yang memproduksi oksigen memiliki kontribusi bagi kelangsungan kehidupan di planet bumi. Meski demikian hutan juga banyak menyimpan karbon.

Sudah sejak lama para ilmuwan NASA ingin tahu secara pasti berapa banyak kandungan karbon dalam hutan. Untuk itulah para peneliti disana meluncurkan sebuah satelit yang akan mengukur seberapa besar karbon dalam hutan.

Ilmuwan mengatakan pepohonan menyimpan biomassa dunia. Bicara soal biomassa hutan, maka itu berarti berapa berat pepohonan.

“Apabila kita tahu biomassa-nya, berapa beratnya, separuh dari biomassa sebuah pohon adalah karbon,” ungkap Ralph Dubayah dari Program GEDI NASA.

Sebenarnya sejak lama para ilmuwan NASA ingin mengetahui berapa besar karbon penyebab pemanasan global yang tersimpan dalam pepohonan di dunia.

“Penting untuk memahami apa isi karbon dalam hutan sekarang. Kita perlu peta global yang baik yang bisa menunjukkan di mana karbonnya, imbuh Dubayah.

Dubayah pun kemudian memberikan alasannya. “Karena setiap kali kita menebang pepohonan, kita akan melepaskan karbon ke atmosfer dan kita tidak tahu berapa banyak karbon yang dilepaskan,” jelas Dubayah.

Para ilmuwan segera memperoleh peta global tersebut berkat satelit seukuran kulkas yang diluncurkan pada awal Desember lalu dan segera dikerahkan ke Stasiun Antariksa Internasional.

“GEDI adalah altimeter laser, jadi merupakan instrumen optikal aktif. Ada laser yang memancarkan pulsa cahaya menuju Bumi, kemudian direfleksikan dari Bumi dan kemudian kami menerima refleksinya,” papar Bryan Blair, ilmuwan instrument GEDI.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here