Kemenpora Pastikan Anggaran Pelatnas SEA Games 2019 Cair Pada Januari Ini

0
203
Foto : Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Jakarta, namalonews.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan anggaran pemusatan latihan nasional (pelatnas) bagi cabang-cabang olahraga yang akan mengikuti SEA Games 2019 akan cair pada bulan Januari ini.

Hal tersebut ditegaskan oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto. Dengan demikian, cabang olahraga bisa melakukan persiapan secara maksimal.

”Secara administratif, kami akan menyiapkan diri. Masalah anggaran mudah-mudahan Januari sudah digelontorkan. Ini juga untuk persiapan cabang olahraga menghadapi dua event besar itu. Kami sangat serius,” kata Gatot di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Menurut Gatot, Kemenpora akan mengubah struktur komite yang bertugas untuk persiapan atlet pelatnas sesuai Peraturan Presiden No. 95 tahun 2017.

“Ketua komite itu masih dijabat Mulyana. Tapi, dia masih terkena masalah sehingga ketua harus diganti. Selain itu ada nama Adi juga harus dicoret,” ujar Gatot.

Sebelumnya, Kemenpora mengumumkan anggaran pelatnas menuju SEA Games 2019 sebesar Rp 500 miliar. Nilai itu lebih rendah daripada pelatnas tahun lalu yang mencapai Rp 735 miliar. Sementara, alokasi APBN untuk Kemenpora sebesar Rp 1,95 triliun.

Selain itu, Kemenpora juga siap memberikan rekomendasi kepada cabang-cabang olahraga yang akan mengajukan lokasi pemusatan latihan nasional di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

“Izin sudah diberikan dan berlaku sejak Asian Games. Selama untuk pelatnas SEA Games dipersilakan. Tapi, belum ada cabang olahraga yang mengajukan surat kepada kami,” jelas Gatot.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here