Mahasiswa ITS Manfaatkan Ampas Tebu Untuk Cegah Bahaya Merkuri

0
120
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Tim dari mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November  (ITS) Surabaya menciptakan metode biosorben dari ampas tebu untuk mencegah bahaya dari pencemaran merkuri. Saat ini, logam merkuri banyak digunakan untuk memurnikan emas dalam proses penambangan emas di Indonesia, sehingga sangat berbahaya bila terakumulasi dalam tubuh ikan dan manusia.

Mereka adalah Vicario Baroroh, Irmariza Shafitri Caralin, dan Alvin Rahmad Widyanto, mahasiswa yang menciptakan metode biosorben menggunakan bahan dari ampas tebu. Biosorben adalah bahan yang memiliki pori–pori yang banyak. Sehingga dapat memproses adsorpsi (kondisi di mana sesuatu memasuki zat lain, red) dapat berlangsung pada dinding pori atau terjadi pada daerah tertentu di dalam partikel tersebut.

Setelah diuji coba, ternyata ampas tebu dapat mengurangi kadar merkuri dalam emas sampai dengan 92 persen. Bahkan setelah kadarnya berkurang, merkurinya masih bisa dipakai kembali untuk memurnikan emas.

“Penggunaannya efektif hingga 100 kali permunian,” ujar Vicario, Kamis (3/1/2019).

Proses ujicoba biosorben merkuri dilakukan dengan menggunakan karbon aktif dari amaps tebu. Roroh menjelaskan setelah ampas tebu diaktivasi oleh larutan natrium hidroksida dan hidrogen klorida, hasil aktivasinya dilanjutkan dengan adsorpsi logam merkuri. Tujuannya untuk mengidentifikasi kapasitas adsorpsi dan isoterm, yaitu nilai perubahan keadaan gas pada suhu yang tetap.

Dari pengujian tersebut mendapatkan hasil, perlakuan aktivasi ternyata memberikan perubahan ukuran pada adsorben (zat padat yang dapat menyerap komponen tertentu dari suatu fase fluida) yang semula berukuran besar menjadi lebih kecil dan selektif.

Dengan inovasi tersebut, tim dari mahasiswa ITS tersebut meraih juara pertama di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Cosmos di Universitas Diponegoro Semarang, beberapa waktu lalu.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here