Cina Berpotensi Dihantam Tsunami di Masa Mendatang

0
468
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Para peneliti Cina dalam makalah yang diterbitkan buletin Science China edisi Januari 2019, dikutip dari South China Morning Post, Kamis (3/1/2019), menyebut tsunami pernah menghantam semua populasi di Provinsi Guangdong,Cina,  sekitar 1.000 tahun lalu.

Tim dari University of Science and Technology of China (USTC) serta East China Normal University menyampaikan bahwa bencana dahsyat itu masih sangat mungkin terjadi di masa mendatang.

Para ilmuwan menyampaikan peringatan potensi bahaya tsunami tersebut setelah bertahun-tahun melakukan studi dan penelitian lapangan.

Para akademisi meminta Pemerintah Cina segera menyiapkan langkah-langkah antisipasi, terutama untuk melindungi fasilitas strategis. Seperti pembangkit listrik tenaga nuklir dan proyek infrastruktur yang dibangun di bawah Belt and Road Inisiative.

Cina menggelontorkan dana sangat besar untuk proyek Belt and Road Inisiative, menghubungkan negara itu dengan Asia, Afrika, Eropa dan sekitarnya melalui darat dan laut dengan membangun pelabuhan, jalur kereta, jalan, dan pembangkit listrik di berbagai negara.

“Studi ini mengonfirmasi risiko tsunami di Laut Cina Selatan. Risiko semacam ini harus dipertimbangkan dalam perencanaan dan pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir, pelabuhan, dan struktur cadangan minyak di garis pantai Cina di masa depan,” tulis para peneliti dalam makalahnya.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here