Dalam Lelang di Jepang Ikan Tuna Ini Dihargai Rp43,7 Miliar

0
161
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Tradisi lelang Tahun Baru yang digelar menjelang fajar untuk pertama kalinya di pasar ikan terbesar Jepang yang baru saja direlokasi dari Tsukiji ke Toyosu.

Seorang wiraswasta ternama asal Jepang, Kiyoshi Kimura membayar 333,6 juta yen atau sekitar Rp 43,7 miliar untuk seekor ikan tuna raksasa dalam acara pelelangan ikan di sebuah pasar baru di Tokyo, Sabtu 5 Januari 2019 lalu.

Kimura yang memiliki julukan ‘Raja Tuna’ ini senyum berseri-seri dan mengatakan bahwa dia terkejut dengan tingginya harga tuna tahun ini. Namun dia menambahkan, “Kualitas tuna yang saya beli adalah yang terbaik.”

Foto ; ist

Harga lelang jauh di atas biasanya untuk tuna sirip biru. Ikan ini biasanya dijual hingga harga satu juta rupiah per kilogram. Tetapi kini harganya naik menjadi lebih dari Rp3 juta per 500 gram di akhir tahun.

Kiyoshi Kimura, merupakan pemilik restoran Sushi Zanmai. Kimura sering memenangkan lelang tahunan di masa lalu, di mana harga yang ditawarkan untuk membeli ikan tuna kadang tidak masuk akal.

Jepang adalah konsumen terbesar tuna sirip biru, dan peningkatan konsumsi di Negeri Sakura dan di luar negeri telah menyebabkan penangkapan ikan yang berlebihan.

Para ahli telah memperingatkan, ikan tuna kemungkinan menghadapi kepunahan. Diperkirakan sekitar 96 persen dari tingkat populasinya habis sejak pra-industri.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here