Kemenhub Setujui Lion Air Pasang Tarif Bagasi

0
123
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Kementerian Perhubungan (kehubungan) menyetujui kesepakatan terkait langkah Lion Air Group yang mengenakan tarif bagasi. Khususnya bagi penumpang pesawat Lion Air dan Wings Air.

Keputusan tersebut diungkapkan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (8/1/2019).

Budi Karya Sumadi mengatakan kebijakan pengenaan tarif bagasi oleh Lion Air Group memiliki nilai positif. Salah satunya bisa meningkatkan on-time performance dari maskapai.

“Pengurangan bagasi ini, malah ada satu yang positif, pasti orang enggak mau repot-repot, ya udah aku bawa baju seperlunya saja, jadi ringkas dan mengakibatkan orang tidak mengantre,” ujar Budi.

Pengenaan biaya berlaku setelah sosialisasi selama dua minggu dari 8-22 Januari 2019.

“Jadi saya beri policy, boleh tanggal 8 (Januari) tapi grace periode dua minggu. Jadi tetap sambil sosialisasi. Dua minggu setelah tanggal 8 (Januari) baru berlaku efektif. Dari grace period, nggak bayar. Saya minta selama dua minggu ini masa sosialisasi nggak bayar,” kata Budi.

Untuk Tarif berat bagasi yang dibayar sesuai berat bagasi aktual saat penumpang melakukan check in di bandara. Misalnya, jika bagasi yang dibawa melebihi ketentuan maka penumpang akan dikenai tambahan biaya per kilogram sesuai dengan rute masing-masing.

Sedangkan untuk voucher prepaid baggage ini, penumpang bisa membelinya sekaligus saat memesan tiket baik melalui situs resmi Lion Air maupun melalui agen travel.

Voucher prepaid baggage ini dijual mulai dari berat 5 kilogram hingga 30 kilogram dengan harga yang disesuaikan dengan rute tujuan.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here