Pemkot Bandung Alokasikan Dana Rp30 Milliar Untuk Tangani Banjir

0
51
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Banjir masih menjadi salah satu masalah di Kota Bandung  yang sampai saat ini masih belum terselesaikan. Di tahun 2019 Pemeritah Kota Bandung sedang mempersiapkan anggaran untuk penanganan banjir.

“Khusus drainase yang kita pegang hampir Rp30 miliar,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Arief Prasetya di Bandung, Rabu (9/1/2019).

Arief mengatakan, alokasi dana tersebut termasuk membangun infrastruktur penanganan banjir berupa kolam retensi. Seperti diketahui, Pemerintah Kota Bandung baru saja meresmikan danau atau kolam retensi di daerah Sirnaraga. Danau tersebut digadang-gadang bisa mengurangi banjir akibat luapan air sungai Citepus.

“Rp30 miliar termasuk kolam retensi yang akan dibangun di Gedebage,” ujarnya.

Selain untuk infrastruktur, Arief juga menjelaskan anggaran Rp30 Miliar tersebut juga dialokasikan untuk membayar para tenaga operasional penangan banjir. “Kita juga punya pasukan banyak baik dari tukang jaga pompa maupun tukang pemeliharaan dan lain-lain,” ucapnya.

Arief menambahkan, pihaknya juga sudah mempersiapkan anggaran kedaruratan untuk memperbaiki infrastruktur yang rusak. “Untuk pembangunan infrastruktur fisik sekitar Rp16 sampai Rp17 miliar, sisanya dipakai untuk operasional. Termasuk ada dana tanggap darurat seperti membuat bronjong, karung pasir, dan dana darurat lain,” katanya.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here