Curah Hujan Meningkat, BMKG Menghimbau Warga Cisolok Waspada Longsor Susulan

0
205
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan intensitas curah hujan di wilayah Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, tergolong tinggi. Masyarakat Dusun Cimapag, diminta terus waspada terhadap potensi longsor susulan.

“Dengan kondisi curah hujan seperti sekarang, maka besar kemungkinan adanya longsor susulan. Sebaiknya masyarakat tetap waspada dan menjauhi daerah-daerah yang rawan longsor. Terlebih daerah ini memiliki kemiringan lereng yang terjal dan tersusun oleh tanah gembur,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati , Sabtu (12/1/2019).

Dwikorita mengatakan PVMBG telah memetakan wilayah rentan longsor, sedangkan BMKG bertugas memberikan peringatan dini terkait informasi curah hujan dan cuaca ekstream kepada BPBD setempat. Dengan demikian, diharapkan pemerintah daerah dapat lebih tanggap dalam upaya mitigasi dan penanggulangan bencana.

“Dalam peta tersebut, wilayah ini (Cisolok, red) termasuk zona menengah dan tinggi untuk pergerakan tanah. Artinya, daerah ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, yaitu hujan dengan intensitas lebat atau hujan dengan durasi yang panjang selama beberapa jam ataupun beberapa hari,” ujar Dwikorita.

Air hujan yang meresap ke dalam lereng bisa mengakitbatkan peningkatan tekanan air tanah sebagai daya dorong longsor. Dwikorita juga mengimbau agar daerah rawan longsor tidak lagi dijadikan area permukiman warga, tapi sebaliknya agar dijadikan kawasan lindung. Menurutnya, relokasi menjadi pilihan tepat bagi warga setempat agar kejadian tersebut tidak terulang.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here