Kejadian Langka, Ikan Cendro Membunuh Nelayan di Pangandaran

0
583
Foto : talaudnews

Jakarta, namalonews.com – Kejadian yang benar-benar langka menimpa nelayan yang tinggal di Dusun Kalapatiga, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat. Seekor ikan cendro (ceroang) telah menewaskan seorang nelayan yang sedang mencari lobster, Jumat (11/1/2019).

Insiden itu terjadi saat korban bernama Andi sedang melaut, sekitar pukul 01.30 WIB. Korban bersama rekan-rekannya mencari lobster di kawasan Batu Bodas, tepian Cagar Alam Pangandaran, yang berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari daratan.

Menurut penuturan teman-temannya, saat sedang menyelam mencari lobster korban keluar dari air dan mendekati salah seorang kru untuk meminta pertolongan. Korban merasa ada sesuatu yang menggigit lehernya.

Kru pun langsung berkemas dan pulang ke darat. Namun sayang, menurut korban mengembuskan nafas terakhir saat dalam perjalanan di perahu.

Ikan cendro atau ceroang memiliki nama latin Tylosurus crocodilus. Di luar negeri terkenal dengan sebutan Houndfish (ikan anjing) atau Crocodile Needlefish (ikan buaya jarum). Julukan-julukan seram yang diberikan padanya memang menggambarkan penampilan si ikan.

Ikan ini memiliki badan bulat dan memanjang seperi batang pohon, serta memiliki mulut yang lancip dan gigi tajam. Berat maksimum ikan ini bisa mencapai  4,5 kg dan panjang 1,5 meter.

Ikan ini memiliki karakter sebagai ikan pelari cepat dan bisa melompat ke permukaan, tak heran ikan ini bisa melukai. Hidup di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Di daerah Pangandaran dan Cilacap, ikan ini banyak diburu para pemancing tradisional di tepian pantai.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here