CVR Lion Air JT-610 Berhasil Ditemukan di Kedalaman 38 Meter

0
109
Foto : Teknologi.id

Jakarta, namalonews.com – Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Ujung Karawang, Bekasi, berhasil ditemukan tim gabungan TNI AL dan KNKT di kedalaman 38 meter dari permukaan laut, Senin (14/1/2019).

Menurut keterangan Kadispen Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho, CVR Lion Air JT-610 berhasil ditemukan oleh Tim Penyelam dari Dislambair dan Kopaska Koarmada I pada hari ini pukul 09.10 WIB.

Tim gabungan tersebut menemukan CVR yang tertimbun lumpur di perairan Ujung Karawang. Bahkan, lumpur yang menimbun CVR tersebut dalamnya mencapai 8 meter. CVR sudah diangkat dan diamankan di salah satu kapal pencarian.

“Kedalaman laut itu 30 meter ditambah lumpur 8 meter, jadi 38 meter,” jelas Agung.

CVR merupakan bagian black box yang memiliki fungsi merekam percakapan antara awak pesawat dan suara lain dalam kokpit. Selain itu alat ini juga mampu merekam berbagai suara lain yang ada di dalam kokpit, seperti misalnya suara mesin, peringatan bahaya dan bunyi-bunyi lain.

Foto : Dok. Ditjen Perhubungan Laut (Kemenhub)

Dari semua suara yang terekam ini, nantinya akan digunakan oleh tim penyelidik untuk menentukan apa yang terjadi pada pesawat sebelum dan saat kecelakaan terjadi.

Analisa rekaman kokpit ini juga tidak sembarangan. Badan yang berwenang menyelidikinya adalah National Transportation Safety Board (NTSBA), Federal Aviation Administration (FAA), operator pesawat, pembuat pesawat, pembuat mesin, dan persatuan pilot.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here