Google Chrome Akan Memiliki Fitur yang Dapat Memblokir Iklan

0
198
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Banyaknya iklan yang mengganggu kerap membuat pengguna menjadi tidak nyaman saat sedang berselancar di internet, misalnya iklan yang menutupi tampilan konten.

Dari keresahan tersebut, Chrome besutan Google akan mulai menambahkan fitur ad blocker yang bisa memblokir iklan yang mengganggu, rencananya fitur tersebut akan dirilis pada 9 Juli 2019.

Google menggambil langkah tersebut karena Google baru saja bergabung ke dalam Coalition for Better Ads, yakni grup industri yang berusaha membuat pengalaman berselancar di internet menjadi lebih nyaman untuk pengguna. Caranya adalah dengan hanya menampilkan iklan yang sesuai dengan standar.

Standar iklan tersebut telah dipublikasikan pada Maret 2017 lalu setelah melalui riset yang melibatkan lebih dari 60.000 pengguna internet. Berdasarkan standar tersebut, ada 12 tipe yang dikategorikan sebagai iklan yang mengganggu dan akan diblokir oleh Chrome, baik dari dekstop ataupun mobile.

Foto : ist

Kedua belas iklan tersebut di antaranya iklan pop-up, video iklan auto-play dengan suara, stiker iklan yang memenuhi layar, flash, dan sebagainya. Fitur pemblokir ini tidak serta merta menghapus semua iklan yang ada di sebuah website, namun hanya menyaring sesuai standar tersebut.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here