Harga Tiket Pesawat Domestik Turun Hingga 60 Persen

0
212
Foto : INACA

Jakarta, namalonews.com – Dalam konferensi pers di Restoran Batik Kuring Kawasan SCBD Jakarta Selatan, Minggu, (13/1/2019), sejumlah maskapai yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) sepakat untuk menurunkan tarif penerbangan domestik pasca libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Ketua Umum INACA Ari Askhara Danadiputra mengatakan, penurunan harga tersebut bervariatif tergantung rute dan maskapainya.

“Jadi yang kita lakukan variatif, nanti kita cek absolutnya, jadi  50 sampai 60 persen, ada yang tertinggi seperti itu. Yang pasti di atas 20 persen sampai 60 persen,” ujar Ari.

Ari mengakui saat masuk libur Natal dan Tahun Baru 2019 tiket pesawat sempat naik. Namun, kenaikan tersebut tidak melebihi tarif batas atas yang telah ditentukan.

“Jadi saat ini kalau bisa disampaikan, kita bisa kembali harga normal 2018 sebelum Natal dan Tahun Baru,” kata Ari.

Ari juga memastikan penurunan tarif tiket penerbangan tersebut sesuai dengan koridor regulasi dan aturan tata kelola industri penerbangan nasional. Termasuk memastikan bahwa keselamatan penerbangan melalui pengawasan dan perawatan pesawat menjadi hal yang utama.

Penurunan tiket tersebut sudah dilakukan sejak Jumat lalu (11/1/2019) di beberapa rute penerbangan. Penurunan itu mengikuti supply and demand.

Menurut catatan INACA sudah ada 6 rute penerbangan yang sudah diturunkan tarifnya oleh maskapai Garuda. Selain itu, ada pula dari Citilink sebanyak 33 rute dan Lion Grup sebanyak 40 rute yang akan menyusul turun.

Sebelumnya, banyak masyarakat mengeluh karena harga tiket pesawat yang mahal. Salah satunya adalah rute Banda Aceh-Jakarta. Warga Aceh yang mau ke Jakarta bahkan harus transit di Malaysia terlebih dahulu demi mendapatkan tiket yang lebih murah.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here