Demi Keamanan Privasi Google Akan Hapus Aplikasi yang Meminta Akses SMS & Panggilan

0
180
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Masalah privasi kini menjadi hal yang sangat sensitif di dunia teknologi terutama saat banyak kasus bocornya data pengguna pada tahun 2018, terlebih saat ini banyak aplikasi yang meminta izin untuk dapat mengakses SMS dan lokasi penggunanya.

Apabila pengguna memberikan izin kepada aplikasi tersebut data bisa saja disalahgunakan oleh pihak ketiga alias si pengembang aplikasi tersebut. Google tidak tinggal diam, mereka bertindak cepat dengan mengeluarkan kebijakan terkait aplikasi yang tayang di Play Store.

Google berjanji dalam beberapa minggu kedepan, aplikasi yang tidak memenuhi kebijakannya akan dihapus dari Play Store.

Para pengembang aplikasi akan diberikan dua opsi jika Google menghapus aplikasi mereka. Yang pertama, mereka harus mengupdate aplikasi versi terbaru yang tidak melanggar kebijakan yang Google buat.

Dan yang kedua, pengembang harus mengisi formulir deklarasi khusus, jika aplikasinya memang meminta akses SMS dan Panggilan.

Google memberikan batas waktu kepada pengembang hingga 9 Maret 2019. Dalam kurun waktu tersebut Google akan menentukan aplikasi tersebut akan dihapus atau tetap tayang di Play Store.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here