Awas Berbahaya, Kertas Struk ATM Bisa Sebabkan Kanker

0
274
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Sudah menjadi kebiasaan, manakala mengambil uang di mesin ATM (ajungan tunai mandiri), orang akan menyimpan kertas struknya di saku celana atau di dalam dompet.

Tapi tahukah Anda kalau menyimpan kertas struk ATM tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh ? Hal ini disebabkan kandungan senyawa kimia yang disebut Bisphenol A (BPA) yang terkandung dari kertas struk.

Lewat siaran pers, Kamis (17/1/2019), Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr. Imran Agus Nurali membenarkan adanya informasi tersebut.

“Memang ada informasi kertas print dari ATM itu mengandung Bisphenol A, semacam bahan dari plastik. Juga sekarang sudah dianggap bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan,” katanya.

Imran menambahkan, agar segera dipahami maka perlu informasi dari hasil kajian tentang bagaimana struk ATM berdampak pada kesehatan manusia.

Kemudian Imran menyarankan masyarakat agar tetap waspada dengan melakukan langkah antisipatif. Misalnya tidak memegang struk terlalu lama, serta saling mengingatkan kepada orang di lingkungan sekitar.

Foto : Istimewa

Struk ATM adalah thermal paper atau kertas yang diresapi dengan bahan kimia dan akan berubah warna kalau sudah terkena panas. Itu sebabnya tulisan di struk lama-lama akan hilang jika disimpan lebih lama di dompet.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah yayasan di Taiwan, yang diambil dari tujuh kertas faksimili yang dijual di toko-toko, 20 sampel struk ATM, kantor pos, pusat perbelanjaan dan mal yang ada di sana.

Hasilnya, sekitar 6 persen thermal paper yang diuji mengandung BPA, 18 dari 28 sampel yang diuji mengandung zat kimia tersebut dengan kadar antara 10 hingga 50 ppm (parts per milion).

Zat kimia BPA ini bisa mengacaukan hormon dan sering dikaitkan dengan penyakit kanker, obesitas dan pubertas dini.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here