Muhammad Ali, Diabadikan Sebagai Nama Bandara Internasional di AS

0
2490
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Nama legenda tinju dunia, Muhammad Ali, telah resmi dipakai sebagai bandara internasional di Negara Bagian Kentucky, Amerika Serikat. Badan Otoritas Bandara Regional Louisville mengubah nama bandaranya menjadi Muhammad Ali International Airport.

Perubahan nama ini dilakukan dengan pertimbangan untuk menghormati petinju legendaris yang lahir dan dibesarkan di Louisville tersebut.

Otoritas bandara regional mengubah nama tersebut setelah melakukan voting pada Rabu (16/1/2019). Meskipun nama bandaranya berganti, namun kode bandara yang terdiri dari tiga huruf tidak diubah, yakni tetap SDF (Standiford Field).

“Muhammad merupakan salah satu orang paling terkenal di Bumi dan telah meninggalkan warisan kemanusiaan dan olahraga yang telah mengilhami miliaran orang di dunia,” ujar Wali Kota Greg Fischer , seperti dikutip dari laman Courier-Journal, Kamis (17/1/2019).

Greg menambahkan, Louisville beruntung memiliki Muhammad Ali. Kota ini, menurutnya, merupakan satu-satunya kampung halaman bagi Ali dan keluarganya.

Asal mula perubahan nama ini muncul dari petisi yang digagas seorang warga bernama Robert Holmes III yang mewakili Global Friends of Muhammad Ali.

Petisi itu lalu dilanjutkan oleh kelompok muslim akar rumput di Louisville, MPower Change, setelah Muhammad Ali meninggal dunia. Mereka mengajukan petisi melalui Change.org.

Muhammad Ali merupakan pemegang gelar juara dunia kelas berat tiga kali. Dia meninggal pada 4 Juni 2016 di usia 74 tahun setelah menderita sakit pernapasan. Selain itu, selama bertahun-tahun, pria ini berjuang melawan sakit Parkinson.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here