Kapak Wiro Sableng 212 Ternyata Ada di Negara Malaysia

0
554
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com –  Dalam tayangan sinetron di televisi, Kapak Naga Geni 212 memang menjadi senjata andalan pendekar Wiro Sableng. Namun siapa sangka senjata legendaris ini ternyata sungguhan ada di dunia nyata.

Kapak sakti ini dipamerkan di Muzium Negara Malaysia. Keterangan resmi museum menyebutkan, Wiro Sableng : “Senjata yang berbentuk tombak ini berusia lebih dari 100 tahun. Bahagian pangkalnya berbentuk seperti mata kapak dan bersarung. Digunakan dalam adat istiadat diraja di Tanah Jawa”.

Museum ini dibangun pada tahun 1906 dan sempat porak-poranda saat Perang Dunia II tahun 1945. Museum ini kemudian dibangun ulang pada 1959-1963 dan sejak itu menjadi museum utama Malaysia.

Gedung museum ini terdiri dari 2 lantai dan dibagi menjadi 4 galeri. Galeri A ‘bercerita’ tentang sejarah awal, Galeri B berisi berbagai peninggalan kerajaan-kerajaan Melayu, kemudian Galeri C ‘bertutur’ perjalanan sejarah di era kolonial dan Galeri D adalah informasi seputar Malaysia masa kini.

Foto : Istimewa

Kapak Wiro Sableng sendiri ada di Galeri B area B2, yaitu kerajaan-kerajaan Melayu di Nusantara. Di area tersebut banyak artefak kuno berupa perhiasan dan persenjataan.

Selain Kapak Wiro Sableng, ada koleksi lainnya yang tak kalah menarik.Seperti replika tulang manusia purba dari berbagai tempat di Asia Tenggara. Ada pula diorama kehidupan manusia purba di wilayah Malaysia, serta beberapa artefak megalitikum.

Senjata lain yang menjadi koleksi museum adalah Sundang atau keris Melayu berukuran besar dari Kesultanan Sulu di wilayah Borneo Malaysia. Juga ada koin kuno dari Kesultanan Kelantan.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here