Diam-diam Cina Kembangkan Benteng Misterius Antinuklir

0
536
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Selain memiliki Great Wall (tembok raksasa) yang membentang sepanjang 13.000 mil di daratan, saat ini Cina juga diketahui secara diam-diam sedang membangun tembok baja bawah tanah.

Tembok ini diklaim mampu  menangkis  senjata paling kuat sekalipun. Sistem pertahanan bawah tanah misterius ini berada di sekitar pangkalan militer utama Negeri Tirai Bambu.

Seperti dilansir dari DailyMail, Selasa (22/1/2019) bahan bahan konstruksi baja ini memungkinkan benteng menahan serangan dari beberapa senjata paling mematikan di bumi, seperti bom nuklir.

Proyek militer bawah tanah ini dirahasiakan otoritas militer Cina. Proyek ambisius baru diungkapkan untuk pertama kalinya pada 7 Januari ketika Upacara Penghargaan Sains dan Teknologi Tertinggi, acara apresiasi tahunan  bagi para ilmuwan top.

Foto : Istimewa

Benteng baja ini dikembangkan untuk mempertahankan diri dari Penetrator Massive Ordnance atau bunker buster yang digunakan  AS yang merupakan bom konvensional terbesar di dunia.

Sebelumnya pemerintah Cina telah membentuk (tahun 2002) untuk menciptakan jenis bahan bangunan baru yang dapat menahan serangan amunisi dengan presisi yang dirancang untuk target tertentu.

Setelah hampir 15 tahun, para ilmuwan akhirnya menemukan formula sempurna untuk bahan dimaksud dengan menyesuaikan proporsi serat baja dan daya reaktif.  Percobaan dilakukan pada musim semi 2017 lalu untuk menguji materi.

Penulis : Agus Yanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here