Mengurangi Polusi, Bajaj Produksi Mobil Listrik di Tahun 2020

0
137
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Demi mengurangi polusi udara dan menghemat bahan bakar, beberapa perusahaan otomotif akan mengalihkan produksi mobilnya dari yang berbahan bakar bensin menjadi kendaraan yang memakai tenaga listrik.

Salah satunya adalah produsen otomotif di India. Bajaj Auto mengumumkan rencananya untuk memproduksi mobil listrik pada 2020. Hal tersebut disampaikan Direktur Pelaksana Bajaj, Rajiv Bajaj.

Seperti dilansir dari Motorbeam, Kamis (24/1/2019), model kendaraan listrik yang akan diluncurkan cukup unik, yakni Bajaj Qute versi tiga roda dan empat roda (quadricycle).

Namun sebelum memperkenalkan kendaraan versi listrik, mereka merilis terlebih dulu mobil Qute quadricycle bermesin konvensional pada Maret 2019 ini.

Rajiv mengatakan, saat ini Bajaj sedang mencari waktu yang tepat terkait pengenalan teknologi baru tersebut. Selain itu, masa transisi dari mesin konvensional menuju kendaraan listrik juga penting.

“Ini yang perlu kami lakukan, tidak hanya untuk India tetapi juga banyak pasar lain. Masalah polusi, kemacetan dan kebutuhan kendaraan listrik, serta mobilitas terhubung ada di sana juga,” ujarnya.

Bajaj Auto ini telah mengekspor Qute ke 20 negara, namun belum mengaspal di India karena masalah regulasi. Meski begitu, Bajaj unggul di beberapa negara tetangga India, antara lain 70 persen pangsa pasar di Bangladesh, serta 50 persen di Nepal dan Sri Lanka.

Selain itu, kendaraan ini juga dipasarkan ke Indonesia. Bajaj Qute menjadi angkutan umum yang menggantikan alat transportasi Bemo di Jakarta.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here