Pemerintah Gelar Piala Presiden e-Sports 2019 Mobile Legends

0
175
Foto : kominfo

Jakarta, namalonews.com – Pemerintah menggelar kompetisi e-Sports terbesar pertama di Indonesia yang dinamakan Piala Presiden e-Sports 2019 yang akan mempertandingkan game online Mobile Legends.

“Setelah gelaran Asian Games tahun lalu, Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar pada e-sport dan melihat akan adanya potensi besar dari industri ini demi kemajuan Indonesia,” kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta pada Senin (28/1/2019).

“Presiden Jokowi juga ingin e-Sports di Indonesia semakin berkembang dan semakin baik untuk perekonomian nasional, dan mewujudkan ekonomi digital Indonesia pada 2020 nanti,” lanjutnya.

Panitia e-Sports edisi pertama berasal dari Kantor Staf Presiden (KSP), Badan Ekonomi Kreaktif (Bekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menggandeng salah satu penyelenggara acara e-Sports terbesar di Indonesia, IESPL (Indonesia e-Sports Premier League).

Ketua Pelaksana Piala Presiden 2019 e-Sports, Giring Ganesha, mengungkapkan alasan di balik pemilihan game tersebut.

“Kami pilih Mobile Legend yang dipertandingkan karena banyak diminati anak muda Indonesia,” ujar Presiden IESPL Giring Ganesha dalam konferensi pers di Kementrian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (28/1/2019). Kompetisi e-Sports ini digelar dalam dua tahapan, yakni regional dan nasional.

Foto : ist

Untuk tahap pertama, yaitu regional melalui babak kualifikasi di 8 kota. Kedelapan kota tersebut akan berlangsung di Palembang Sport Convention Center dan Bali Galeria Shopping Center 9-10 Februari 2019, Surabaya Town Square dan Trans Studio Mall Makassar 16-17 Februari 2019, The Park Mall Solo dan Manado Town Square 23-24 Februari 2019, Aston Pontianak dan Sumarecon Mall Bekasi 2-3 Maret 2019.

Babak kualifikasi tersebut diikuti oleh 512 pemain dari masing-masing kota. Berikutnya, tim terbaik dari 8 kota itu akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli Indonesia Esport Premier League (IESPL).

Untuk tahap kedua, dipilih 12 tim terbaik yang lolos dari babak kualifikasi dan berhak maju ke babak Grand Final yang akan berlangsung pada 30-31 Maret 2019 di Istora Senayan, Jakarta dan akan dihari oleh Presiden Joko Widodo.

Pendaftaran untuk Piala Presiden E-Sports 2019 ini telah dibuka sejak, Senin (28/1/2019) yang dapat dilakukan di laman IESPL. Selain memfasilitasi para gamers, Piala Presiden E-Sports 2019 juga bertujuan untuk mencari tim terbaik.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here