Pendapatan Apple dari Penjualan iPhone Turun 15%

0
168
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Dalam laporan keuangan terbaru, Apple mengumumkan pendapatannya dari penjualan iPhone turun sebanyak 15%.

Dilansir dari CNBC, Kamis (31/1/2019), saham perusahaan Apple tersebut tercatat naik meskipun penjualan iPhone masih di bawah perkiraan. Pendapatan dari iPhone turun 15% daripada tahun 2018 menjadi US$ 52 miliar.

Apple melaporkan pendapatan keseluruhan sebesar US$ 84,3 miliar dengan laba bersih US$ 4,22 miliar, lebih tinggi dibandingkan perkiraan sebesar US$ 83,97 miliar dengan laba US$ 4,17 miliar. Pendapatan itu turun 5% dibandingkan tahun lalu yang tembus US$ 88,3 miliar.

Sebelumnya, Apple juga sudah sempat memberi peringatan kepada investor mengenai koreksi pertumbuhan pendapatan dengan perkiraan pendapatan perusahaan sebesar 84 miliar dollar AS, lebih rendah dari yang telah diproyeksikan.

Apple pun menyalahkan kondisi perlambatan ekonomi Cina yang membuat penjualan produk mereka melemah. Ceo Apple, Tim Cook mengatakan, saat ini Apple lebih percaya, kekuatan pertumbuhan Apple akan lebih didorong oleh bisnis jasa, yaitu Apple Pay dan App Store.

Namun, pendapatan Apple yang berasal dari sektor jasa meningkat tajam. Seperti bisnis layanan naik 19%, Mac naik 9%, iPad melonjak 17% dan sektor ‘Wearables, Home and Accessories’ meningkat 33%.

“Meskipun menyedihkan tak mencapai target yang sudah kami tentukan, kami mengelola Apple sudah dalam waktu yang cukup lama, dan hasil kuartal ini menunjukkan kekuatan mendasar bisnis kami berjalan cukup dalam dan luas,” ujar Tim Cook.

Faktor lain yang mempengaruhi penjualan iPhone menurut Cook adalah berkurangnya subsidi iPhone oleh operator di beberapa pasar. Padahal subsidi tersebut dapat meringankan orang yang ingin membeli iPhone anyar.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here