Sedang Dibahas, Usulan Motor Boleh Masuk Jalan Tol

0
68
Foto : Validnews

Jakarta, namalonews.com – Jika disetujui, kendaraan mesin roda dua (motor) dalam waktu dekat akan melaju di jalan tol. Saat ini Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Basuki Hadimuljono tengah membahas wacana agar sepeda motor dapat menggunakan jalan tol.

“Ada wacana untuk memberikan fasilitas pada pengendara motor (masuk tol),” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (29/1/2019) kemarin.

Pembahasan secara teknis bersama instansi terkait tengah dilakukan untuk memutuskan boleh-tidaknya motor menggunakan jalan bebas hambatan.

Menurut Basuki, pembahasan lebih lanjut antara Kementerian Perhubungan dan Kepolisian terkait usulan tersebut sangat penting. Karena kata dia, motor dibuat bukan untuk transportasi jarak jauh.

Basuki bahkan mengatakan bahwa sebenarnya sudah ada aturan yang mengizinkan sepeda motor masuk jalan tol, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009.

PP Nomor 44 Tahun 2009 tersebut menjelaskan bahwa jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur roda empat atau lebih.

“Kalau untuk sepeda motor lewat jalan tol kita harus menyiapkan fasilitasnya agar aman. Terutama jarak maksimum untuk sepeda motor untuk istirahat. Harus kita pikirkan jalur dan tempat istirahatnya. Hal ini yang sedang dikaji secara teknis,” pungkas Basuki.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here