Ma’ruf Amin Luncurkan Buku “The New Indonesia Economics Perspective : The Ma’ruf Amin Way”

0
194
Foto : Gus Anto

Jakarta, namalonews.com – Cawapres No.Urut 2, Ma’ruf Amin meluncuran buku yang berjudul “The New Indonesia Economics Perspective: The Ma’ruf Amin Way”, di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019). Buku Ini ditulis oleh Sahala Panggabean dan Anwar Abbas.

Buku setebal 318 halaman tersebut menjelaskan tentang seputaran tata kelola ekonomi yang berlandaskan semangat kebersamaan kekeluargaan, semangat persaudaraan, dan kerjasama untuk menciptakan pemerataan kesejahteraan yang lebih baik untuk masyarakat.

Foto : Gus Anto

Ma’ruf Amin melihat saat ini masih ada kesenjangan ekonomi yang terjadi di kehidupan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Ma’ruf menggagas ekonomi kerakyatan atau yang berlandaskan pembangunan dari bawah (bottom-up economics development).

“Perlu ada perubahan-perubahan yang signifikan, yang fundamental, untuk membangun ini, yaitu membangun ekonomi dari bawah atau istilahnya membangun ekonomi kerakyatan, bottom-up economics,” terang Ma’ruf.

“Sebenarnya sederhana sekali pikiran-pikiran saya, tapi begitu jadi buku, saya kaget sendiri, ternyata bukunya lebih bagus dari apa yang saya gambarkan,” ungkapnya.

Foto : Gus Anto

Ma’ruf juga menjelaskan bahwa bukunya kali ini sangat unik karena bisa mempersatukan beberapa perbedaan. Buku “The New Indonesia Economics Perspective: The Ma’ruf Amin Way” ditulis dua orang penulis, pertama Sahala Pangabean, pakar koperasi beragama Kristiani dan juga Anwar Abbas, salah satu tokoh Muhamadiyah.

“Yang lebih luar biasa lagi, saya merasa bangga, Pak Sahala ini kebetulan non-muslim. Kemudian Pak Anwar Abbas muslim tapi Muhammadiyah. Saya NU, ini luar biasa. Jadi pikiran orang NU, ditulis oleh orang non-muslim, Kristiani dan oleh orang Muhammadiyah,” ujar Ma’ruf yang disambut tepuk tangan yang hadir hari itu.

“Saya pikir ini merupakan suatu keutuhan, kesatuan, persaudaraan yang harus kita bangun, untuk saling menghargai satu sama lain,” sambungnya.

Menurut data yang diperoleh, karier Ma’ruf Amin dimulai dari akademisi, lalu sebagai komite ahli Bank Syariah, dan kemudian menjadi Ketua MUI. Kini Ma’ruf menjadi calon wakil presiden periode 2019-2024.

Kariernya tersebut menginspirasi untuk lebih memberdayakan perekonomian umat melalui ekonomi berbasis syariah.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here