Pembaruan Aplikasi Keyboard Google Menambah 5 Bahasa Daerah di Indonesia

0
239
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Aplikasi keyboard milik Google kembali memperluas fungsinya dengan menjangkau lebih banyak bahasa. Dalam update terbarunya, Minggu (3/2/2019) GBoard (Keyboard Google) telah mendapatkan dukungan untuk menambahkan 50 bahasa baru termasuk 5 bahasa daerah di Indonesia.

Kelima bahasa daerah Indonesia yang masuk ke Gboard itu adalah Lampung Api, Ma’anyan, Musi, Ngaju, Melayu Manado, dan Melayu Maluku Utara.

Sedangkan bahasa lainnya, yaitu Alur, Anaang (Nigeria), Arab (Aljazair), Awadhi (Transliterasi), Banyumasan, Bouyei, Brahui (Arab), Bulu-Bene (Kamerun), Dataran Tinggi Chimborazo Kichwa, Dagaare, Dotyali (Nepal), Dungan, Franconia Timur (Jerman), dll.

Foto : Google

Dengan tambahan 50 bahasa tersebut, Gboard kini sudah menggunakan 500 bahasa dari seluruh penjuru dunia. Dari ratusan bahasa itu, ada beberapa bahasa daerah Indonesia yang sudah lebih dulu masuk seperti bahasa Jawa, Sunda, Aceh, Bali, dan Melayu Jambi.

Untuk mendapatkan bahasa baru tersebut, sudah bisa digunakan dengan update versi terbaru untuk GBoard di Google Play Store. Sementara untuk pengguna iOS, ketersediaannya masih menunggu beberapa pekan lagi.

Sayangnya, selain dukungan untuk semua bahasa di atas, tidak ada fitur atau peningkatan baru yang telah ditambahkan dalam pembaruan tersebut.

Sebelumnya, aplikasi GBoard melewati perombakan Material UI dan menambahkan tema gradien ke keyboard. Selain itu, GBoard baru-baru ini menerima dukungan untuk saran GIF, Emoji, dan Stiker berbasis AI pada bulan November lalu.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here