Untuk Pertama Kalinya Perayaan Imlek Nasional 2019 Digelar di JIEXPO Kemayoran

0
386
Foto : Gus Anto

Jakarta, namalonews.com – Masyarakat Tionghoa Indonesia menggelar Perayaan Imlek Nasional 2019 yang akan berlangsung di Hall B3 & C3 JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, selama 3 hari, 7 – 10  Februari 2019.

Perayaan Imlek bertema “Merajut Kebinekaan Memperkokoh Persatuan” ini melibatkan tokoh serta berbagai elemen masyarakat Tionghoa.

Acara ini didukung para tokoh masyarakat Tionghoa di Indonesia  diantaranya Sudhamek AWS (Ketua Dewan Pelaksana)  didampingi oleh Teddy Sugianto dan David Herman Jaya sebagai Wakil Ketua, dibantu oleh Sekretaris Eddy Hussy dan Ulung Rusman, serta Pui Sudarto, Husin Widjajakusuma, Ferry Salman sebagai Bendahara.

“Perayaan Imlek Nasional ini terasa istimewa karena pilihan desain, susunan acara dan pesertanya dirangkai sedemikian rupa sehingga sesuai dengan temanya,” ujar Sudhamek AWS.

“Sebagai generasi penerus, Suku Indonesia Tionghoa adalah bagian tak terpisahkan dari Bangsa Indonesia. Suku Indonesia Tionghoa harus ikut aktif memperjuangkan pembangunan Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani, mandiri secara ekonomi, berbudaya luhur dan berkeadilan di segala bidang,’’ imbuh Sudhamek AWS.

Foto : Gus Anto

Dalam Imlek Nasional 2019, panitia menyiapkan rangkaian acara istimewa. Baik susunan acara maupun pesertanya. Warna merah putih akan menjadi latar belakang acara ini, yakni sebagai simbol kebangsaan dan motif batik mega mendung sebagai dimensi akulturasi budaya.

Dimana alat musik klasik Guzheng nanti digunakan untuk mengiringi lagu-lagu kebangsaan Indonesia. Sebaliknya Kolintang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah Indonesia dan Mandarin. Selain itu juga diramaikan atraksi Barongsai dan dipadu dengan reog dan ondel-ondel.

Selain itu, pengunjung juga akan bisa menikmati kuliner khas Tionghoa dan makanan dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut rencana saat pembukaan Perayaan Imlek Nasional 2019 yang untuk pertama kalinya digelar ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here