Terkait Kampanye Hitam, Mandala Shoji Menghilang Setelah Divonis 3 Bulan Penjara

0
32
Foto : JoSS.co.id

Jakarta, namalonews.com – Aktor Mandala Shoji telah divonis tiga bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider satu bulan kurungan  oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena terbukti melakukan kampanye hitam sebagai Calon Legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) tahun 2019.

Presenter televisi itu terbukti membagikan kupon umrah saat kampanye di Pasar Gembrong, Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Oktober 2018. Namun, keberadaan Mandala hingga kini masih belum diketahui keberadaannya.

Terkait hal tersebut Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan pun memberikan komentarnya. Dia mengaku tidak mengatahui di mana posisi Mandala. Bara meminta Mandala menghormati proses hukum.

“Seharusnya dia menyerahkan diri ke pihak otoritas untuk menjalankan proses hukum ini,” tegas Bara kepada wartawan di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Sebelumnya, Mandala Shoji yang merupakan calon anggota DPR RI dari PAN, bersama calon anggota DPRD DKI dari PAN Lucky Andriyani dituntut bersalah atas dugaan membagikan kupon umrah dan doorprize kepada masyarakat saat kampanye.

Dalam kupon itu terdapat gambar wajah Mandala Shoji dan rekannya, Lucky Adriani, caleg DPRD DKI yang juga dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain gambar, kupon itu juga bertuliskan ajakan untuk memilih mereka dalam Pemilahan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Mandala Shoji dan Lucky disebut melanggar Pasal 523 ayat (1) jo Pasal 280 ayat (1) huruf “j”, Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here