Awas, Serangan Siber Ancam Data Pilpres 2019

0
128
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Sebuah perusahaan keamanan siber, Kaspersky Lab, menyebutkan di tahun politik ini, serangan siber diperkirakan berkaitan dengan manipulasi data perolehan suara Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

“Melihat serangan yang sudah-sudah, (menyasar) angka, manipulasi data,” kata Territory Channel Manager SEA Kaspersky Lab, Dony Koesmandarin, kepada awak media di Jakarta, Kamis, (7/2/2019).

Isu serangan siber yang terjadi saat Pemilu tersebut umumnya berkaitan dengan data tersebut. Adapun serangan fisik dan juga teknis akan bermuara ke data.

“Karena kita semua menunggu data, misalnya quick count (hitung cepat),” ungkap Dony.

Lebih jauh lagi Dony menyebutkan bahwa peretas sekarang ini mengincar segala sesuatu yang sedang menjadi pusat perhatian. Tujuan mereka bukan untuk mencari nama melainkan mencari pembuktian seberapa besar kerusakan yang mereka akibatkan.

Para hacker menyerang langsung dengan membuat server sibuk sehingga tidak bisa diakses. Namun ketika data bisa diakses, hacker akan mengubahnya sehingga data menjadi tidak valid lagi.

Menurut Dony yang bisa menjadi target hacker bisa siapa saja termasuk KPU dan  lembaga ‘quick count’ yang memegang data terkait perolehan suara.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here